Instalasi Python dan Django di Mac, Linux dan Windows

No Comments

Hai, selamat datang di code.dokumentasi.org. Pada post pertama ini, saya akan berbagi tentang cara menginstall Python dan Django di komputer teman-teman. Kita akan menginstall python versi 2.7 dan django versi 1.8.

Django adalah salah satu web framework pada bahasa pemrograman python yang mendorong web developer untuk membuat aplikasi web dengan cepat dan rapi. Django dibuat oleh developer berpengalaman, dengan tujuan untuk mempermudah web development, sehingga kamu dapat fokus membangun aplikasi web yang diinginkan.


Instalasi python di Linux

Linux pada umumnya sudah memiliki python terinstall di sistemnya. Untuk mengetahui versi python di sistem operasi kamu, cukup jalankan perintah python -V di terminal kamu. Tidak perlu khawatir jika versi python kamu sedikit berbeda dengan versi yang saya miliki, selama masih python 2.7.



Instalasi python di Mac

Kamu tinggal mendownload versi python yang sesuai dengan versi sistem operasi yang kamu gunakan, lalu ikuti perintah yang terdapat di installer.



Instalasi python di Windows

Seperti halnya pengguna Mac, pengguna windows cukup mendownload installernya disini, sesuaikan dengan sistem operasi yang kamu miliki (32/64 bit). Lalu pengguna windows perlu mengikuti beberapa step tambahan agar python bisa diakses dari terminal. Disarankan untuk menginstall pada lokasi default saja.
  1. Buka Control panel, lalu System
  2. Pilih 'Advanced system settings' di sebelah kiri
  3. Klik tombol 'Environment Variables'
  4. Dibawah 'System variables' pilih variable bertuliskan 'Path' lalu klik tombol 'Edit'
  5. Tambahkan C:\Python27;C:\Python27\Scripts; pada kolom text tanpa menghapus apapun. Kesalahan yang terjadi disini dapat berakibat fatal pada sistem operasi kamu, pastikan kamu menambahkan dan tidak menimpa.
  6. Klik 'OK'
  7. restart command prompt jika sedang membuka command prompt

Instalasi django

Python adalah salah satu bahasa pemrograman yang populer, dengan komunitas yang besar. Banyak pengguna python yang membuat berbagai modul dan disebarkan untuk kemudian digunakan oleh pengguna python lainnya termasuk Django. Terdapat berbagai cara untuk menginstall django, namun cara termudah adalah dengan menggunakan pip.

Pip sederhananya adalah program yang digunakan untuk menginstall, mengupdate dan menghapus modul python tambahan yang dibuat oleh pengguna python lain (walau fungsi pip sebenarnya lebih banyak, namun tidak dijelaskan dengan detil disini). Kita akan terlebih dahulu menginstall pip dengan langkah berikut

  1. Download file get-pip.py ini (klik kanan, save-as).
  2. Jalankan script get-pip.py dengan perintah python get-pip.py. Pengguna linux dan Mac mungkin perlu menjalankan perintah tersebut dengan akses super user
  3. Setelah pip terinstall, install django dengan menjalankan perintah pip install django.  (Mungkin membutuhkan akses super user untuk pengguna Linux dan Mac)
Untuk memastikan django telah terinstall, kita dapat menjalankan perintah python -c "import django; print(django.__version__)" di terminal. Jika outputnya adalah versi django yang telah diinstall, maka kita telah berhasi menginstall django di komputer.



Sampai disini dulu pembahasan kali ini, kita akan membahas lebih dalam mengenai django di post berikutnya. jika ada kesulitan baik dalam instalasi python maupun django, silahkan meninggalkan komentar di kolom dibawah post ini dan saya akan mencoba membantu kamu. Sampai jumpa!

Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 komentar

Post a Comment